Mutiara dalam Kardus: Kedawung Setia Industrial (KDSI)

Warren Buffett pernah menyebutkan bahwa beliau lebih menyukai perusahaan dengan lini bisnis yang sederhana. Perusahaan satu ini mungkin merupakan perwujudan kesederhanaan yang disukai oleh Warren Buffett. Walaupun banyak diantara anda yang baru mendengarnya, sebenarnya produk dari perusahaan ini sudah banyak beredar tanpa anda sadari. Salah satu perusahaan yang penulis maksud adalah Kedawung Setia Industrial (kode emiten saham: KDSI).

PT. Kedawung Setia Industrial, Tbk. (kode emiten KDSI) adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi dan distribusi peralatan rumah tangga berlapis enamel dan kertas kardus bergelombang. KDSI merupakan pemain lama di industri ini mengingat perseroan didirikan pada tahun 1973. Adapun produksi kertas kardusnya dilakukan oleh entitas anak KDSI dan dimulai enam tahun setelah perseroan berdiri. Sebenarnya ini langkah yang bagus untuk menurunkan biaya packaging produk alat masak KDSI sekaligus menjual kertas kardus ke perusahaan produksi lainnya (consumer goods, elektronik).

Pemilik mayoritas saham KDSI adalah PT. Kita Subur Jaya sebesar 78,44 persen dari total kepemilikan saham. Ada dua hal menarik dari kepemilikan saham ini: direktur baru yang membeli saham KDSI dengan porsi 5,52 persen dan kepemilikan perseorangan dari Haiyanto dengan porsi 5,49%. Pembelian saham oleh direktur perusahaan merupakan langkah yang baik, mengingat direksi inilah yang bertugas untuk mengawasi kinerja perusahaan secara langsung. Hal ini mengisyaratkan direksi yang optimis akan kinerja perusahaannya di masa mendatang. Adapun Haiyanto merupakan value investor veteran di bursa Indonesia. Perlu dicatat bahwa Haiyanto sudah memegang saham KDSI sejak 2011.

kEPEMILIKAN SAHAM KDSI

Selengkapnya: BACA DI SINI

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *