Tools Untuk Melakukan Analisa Fundamental

Analisa fundamental telah mengantarkan investor Warren Buffet mencapai kesuksesannya berinvestasi di dunia saham, bahkan telah menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Analisa fundamental berfokus pada kinerja perusahaan yang dalam jangka panjang akan linier dengan harga suatu saham.

Kinerja perusahaan tercermin dari laporan keuangannya. Sehingga Anda WAJIB melihat laporan ini sebelum memutuskan membeli suatu saham.

Dalam periode setahun, perusahaan terbuka diwajibkan mem-publish laporan keuangan mereka kepada publik sebanyak 4 kali, atau menyampaikan setiap 3 bulan sekali.

Pada laporan keuangan kuarter terakhir, perusahaan juga diwajibkan mem-publish laporan tahunan yang berisi evaluasi kinerja selama setahun terakhir beserta rencana perusahaan kedepan yang disampaikan oleh komisaris dan direksi perusahaan.

Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai perusahaan dengan mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang diadakan setiap setahun sekali.

Biasanya, pada RUPS atau RUPS Luar Biasa (RUPSLB) perusahaan juga diwajibkan mem-publish materi presentasi/publik ekspose beserta tanya jawab bersama pemegang saham lainnya.

Sejauh ini Anda minimal memerlukan 3 item:

  1. Laporan keuangan kuartal/tahunan
  2. Laporan tahunan
  3. Materi publik ekspose

Lantas, dimana mendapatkannya ?

Semua laporan ini bisa Anda peroleh melalui website www.idx.co.id

Jika Anda merasa bingung untuk mendownloadnya, Anda bisa menonton beberapa video berikut. Jangan lupa aktifkan subtitle untuk melihat penjelasannya.

Mencari Laporan Keuangan Emiten

Mencari Laporan Tahunan Emiten

Mencari Hasil Public Expose Emiten

Namun sayangnya, laporan yang Anda bisa peroleh di website idx.co.id hanya laporan 3 tahun terakhir. Untuk mendapatkan analisa yang akurat, paling tidak Anda memerlukan laporan 5-10 tahun terakhir.

Anda bisa mendapatkan laporan lainnya langsung pada website perusahaan. Biasanya mereka menyajikan laporan keuangan dan tahunan hingga periode 10 tahun terakhir.

Misalnya, jika Anda ingin mendapatkan laporan keuangan perusahaan Unilever Indonesia, Anda bisa langsung mendapatkannya di website www.unilever.co.id.

Biasanya laporan keuangan dan presentasi publik ekspose perusahaan terdapat pada menu Investor pada bagian Informasi pemegang saham.

Untuk perusahaan yang baru melaksanakan Initial Public Offering (IPO) atau baru listing, biasanya memang tidak ada laporan keuangan 5 tahun terakhir. Anda bisa membaca prospektus perusahaan untuk mempelajari lebih dalam.

BAB SELANJUTNYA KLIK DISINI

1 thought on “Tools Untuk Melakukan Analisa Fundamental”

  1. Pingback: Analisa Teknikal vs Fundamental Saham, Mana yang Lebih Baik ? - StockPapers

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *