Fluktuasi Harga Minyak dan Peluang Soechi Lines (SOCI)

Jika Anda perhatikan, harga minyak mentah (crude oil) dalam beberapa bulan belakangan cenderung mendapat tren positif. Melalui tradingeconomics.com, harga minyak mentah per artikel ini ditulis adalah 67 USD per barrel. Harga ini sudah naik cukup banyak dibadingkan pada Maret 2020 ketika harga minyak merosot tajam. Fluktuasi harga ini menimbulkan dampak cukup signifikan bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa angkut minyak mentah. Yup, kali ini penulis akan membahas Soechi Lines (kode saham SOCI), bagaimana pengaruh fluktuasi harga minyak mentah terhadap kinerja perusahaan dan harga sahamnya. Sudah tidak sabar dengan pembahasannya? Mari kita lanjutkan.

kapal soci

Sekilas Perusahaan

PT. Soechi Lines Tbk. (kode emiten SOCI) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang transportasi, terutama pelayaran untuk pengangkutan minyak dan gas. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1981 dengan membuka kegiatan usaha penyewaan kapal tanker. Bersama usaha galangan kapalnya yang dimulai 28 tahun kemudian, Soechi Lines didirikan sebagai perusahaan induk pada tahun 2010 dan menggelar IPO pada 3 Desember 2014.

Per akhir 2019 perusahaan sudah memiliki 36 unit armada dengan total  kapasitas 1,56 juta DWT (deadweight tonnage).Ini menjadikan perusahaan menjadi perusahaan dengan armada kapal tanker terbesar di Indonesia dilihat dari kapasitas DWT. Besarnya armada perusahaan membuat perusahaan menguasai 20% dari pangsa pasar penyewaan kapal tanker di Indonesia. Sistem penyewaan kapal ini dibagi menjadi dua sistem: time charter dan spot charter. Tme charter merupakan penyewaan kapal dengan kontrak jangka waktu tertentu dan dikenakan daily charter rate sesuai kontrak yang disepakati. Sedangkan spot charter merupakan penyewaan kapal (beserta kru kapal) untuk membawa kargo dari suatu tempat ke tempat yang lain sesuai kontrak yang disepakati.

jalur kapal soechi lines
Jalur pelayaran kapal tanker milik Soechi Lines

Perusahaan juga memiliki galangan kapal yang melayani pembangunan kapal dan dry dock, serta pemeliharaan kapal-kapal perusahaan. Walaupun pangsa pasarnya masih kecil, lokasi perusahaan bisa dibilang cukup strategis. Galangan kapal perusahaan berada di wilayah kepulauan Karimun di Selat Malaka dengan luas mencapai 200 hektar. Daerah ini termasuk Free Trade Zone sehingga memberikan keuntungan bagi perusahaan dari segi pajak dan bea cukai barang-barang impor. Selat Malaka sendiri memang merupakan jalur pelayaran internasional yang memisahkan antara Singapura dan Indonesia.

Kepemilikan Saham SOCI

Saat ini mayoritas saham SOCI dipegang oleh PT Soechi Group dengan 79,9% dari total saham yang beredar. Adapun masyarakat memilki 16,7% dari total saham SOCI yang beredar. Sentimen yang baik ditunjukkan oleh Komisaris Utama dan DIrektur Utama karena memiliki saham di perusahaan yang mereka kelola. Paulus Utomo sebagai Komisaris Utama memiliki 1,2% dari total saham yang beredar, sedangkan Go Permadi sebagai Direktur Utama memiliki 1,7%.

Selengkapnya: BACA DI SINI

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *